Sabtu, 11 Juni 2016

 RAPAT
SITUASI HARGA DAN KEBUTUHAN PANGAN POKOK
MENJELANG HARI BESAR KEAGAAMAAN NASIONAL
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN KABUPATEN SERUYAN

I. PENDAHULUAN

           Sehubungan akan tibanya bulan suci Ramadhan dan idul Fitri 1437 H, maka perlu upaya antisipasi atas kenaikan bahan makanan. upaya tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan pemantauan harga dan ketersedian pangan pokok di tingkat pasar, warung pengecer dan distributor oleh masing-masing SKPD terkait 


II. PELAKSANAAN

         Rapat dibuka oleh, Sekretaris Badan ketahanan pangan dan penyuluhan kabupaten Seruyan, yang dihadiri oleh SKPD terkait serta Tim Rantai Pasok Kabupaten Seruyan.
               Dlm pelaksanaan rapat berdiskusi tentang perkembangan harga dan pasokan pangan pokok di Kab. Seruyan pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yaitu menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2016 di peroleh kesepakatan sebagai berikut 

1. Badan  Ketahanan pangan dan Penyuluhan Kab. Seruyan adapun tujuan pertemuan ini        adalah:
  • Melakuka koordinasi dan pemantauan ketersediaan, distribusi dan harga pangan, serta melakukan antisipasi terjadinya gangguan ketersediaan pangan dan lonjakan harga yang dapat mengakibatkan keresahan pada masyarakat, yang tidak terlepas juga dengan masalah mutu dan keamanan pangan
  • Mencegah prilaku pelaku pasar mempermainkan harga pangan sehingga tidak merugikan masyarakat akibat melambungnya harga kebutuhan pokok menjelang HBKN.2. 
     2.   Disperindagkop dan UMKM Kab. seruyan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan                        pangan  kepada masyarakat melakukan dua opsi:

  • Menyiapkan Tim dalam rangka pelaksanaan pengawasan peredaran barang kadaluarsa di kab. Seruyan di tiga zona (Desa persil raya, pasar saik kuala pembuang dan desa sungai udang) agar bahan pangan menjelang maupun selama ramadhan hingga Idul fitri dapat dikatakan "AMAN".
  • Kegiatan "Pasar Murah" di Tumbang manjul dan Tumbang langkai yang diharapkan dpt meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk merayakan Idul Fitri 1437 H.
   3. Dishukominfo kab. Seruyan berperan aktif untuk membantu ketersediaan pangan dan                          memantau pergerakannya melalui kelancarannya arus distribusi barang termasuk logistik dan              sejenisnnya yang ada baik melalui darat dan laut yang akan masuk ke Kab. Seruyan, dengan                kelancaran arus distribusi tersebut, diharapkan kebutuhan pokok selalu terjaga hingga Idul Fitri.

  4. Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Seruyan menyampaikan bahwa stok beras untuk Kabupaten      Seruyan aman sebab berbarengan dengan adannya panen dibeberapa kecamatan sedangkan untuk         kebutuhan daging untuk masyarakat selama puasa sangat mencukupi.

 5. Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Seruyan menyarankan perlu adannya data persediaan pangan      pokok oleh instansi terkait, untuk mengatasi situasi pangan dan kebutuhan pangan di !0 Kecamatan

6 .Badan Pusat Statistik mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan         pokok yang berlebih termasuk melakukan penumpukan atau penimbunan agar tidak terjadi deflasi       dan menstabilkan harga menjelang HBKN.

III. PENUTUP

       Demikian hasil rapat ini dibuat untuk dapat ditindaklanjuti sebagai mana mestinya.






       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar