Selasa, 10 Agustus 2010

silabus-rpp IPA Terpadu Kelas VII MTs PPKP

SILABUS

Sekolah : MTs PPKP
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen

1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turu-nan beserta satuannya.
Besaran dan Satuan
- Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
- Merumuskan pengertian besaran dan satuan
- Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
- Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi
- Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-har
- Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan
- Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
- Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
- Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertuls
Tes tertulis
Isian
Isian
PG
PG
Sebutkan 4 macam besaran yang dapat diukur dari meja belajarmu.
Sebutkan satuan SI untuk setiap besaran pokok.

2 hari 4,5 jam 8 menit jika dinyatakan dalam sekon menjadi . . .
a. 176 590 s c. 189 480 s
b. 100 360 s d. 197 542 s

Hasil pengukuran yang paling luas adalah . . .
a. 80 dam2
b. 30 m2
c. 0,5 km2
d. 400 hektar

4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 9-25, Buku Kerja, lingkungan sekitar, alat ukur
1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya
Suhu
- Mencari informasi cara menggunakan termometer
- Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.
- Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
- Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain
Tes tertulis
Tes tertulis
Isian
PG
Sebutkan jenis termometer yang kamu pilih untuk mengukur suhu udara di dalam rumah kaca.
Suhu 300 K sama dengan . . .
a. 27C = 80,6F
b. 80C = 27F
c. 27C = 32F
d. 27C = 172F
4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 27-42, Buku Kerja, termometer
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
- Melakukan pengukuran besaran-besaran fisika
- Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
- Mengukur besaran fisika dengan menggunakan alat ukurnya secara baik dan benar
- Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Uji petik kerja prosedur
Uji petik kerja produk
Uraian
Jelaskan cara mengukur luas permukaan telapak kakimu.
Membuat model jam matahari
Sayaka memasukkan gula ke dalam tabung reaksi yang berisi sedikit air. Untuk melarutkan gula, ia menutup tabung reaksi dengan ibu jari lalu mengocoknya. Sudah tepatkah cara yang dilakukan Sayaka?
4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 43-66, Buku Kerja, alat-alat ukur
Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
Asam, Basa,
dan Garam
- Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
- Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam
- Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH sti
- Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
- Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam
- Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
PG
Tes identifikasi
Uji petik kerja prosedur
Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi . . . .
a. air kapur
b. pemutih pakaian
c. air sabun
d. perasan jeruk lemon
Bagaimana Pak Fajri bisa membedakan botol kimia yang berisi asam di antara botol-botol lain yang berisi basa?
Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu larutan dengan menggunakan indikator universal?
4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 67-82, Buku Kerja, lingkungan sekitar, alat ukur
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan
- Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan
- Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam basa di laboratorium dan di alam
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan menggunakan kunyit atau kembang sepatu
3 × 40’
Buku IPATerpadu hlm 67-82, Buku Kerja, lingkungan sekitar
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
Unsur Kimia
- Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
- Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya
- Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
- Menuliskan nama dan lambang unsur
- Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
- Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
PG
PG
PG
Natrium, nikel, dan nitrogen mempunyai lambang unsur berturut-turut . . . .
a. N, Ni, dan No
b. Na, N, dan Ni
c. N, Ne, dan No
d. Na, Ni, dan N

Au dan Ag adalah lambang unsur dari . . . .
a. emas dan perak
b. aluminium dan argon
c. perak dan argon
d. titanium dan emas


Rumus kimia Natrium nitrat adalah . . . .
a. NO2 c. Na2SI4
b. NaCl d. NaNO3

Contoh senyawa antara lain . . .
a. air, oksigen, garam
b. emas, perak, besi
c. air, gula, metana
d. etanol, hidrogen, oksigen

4 × 40’
Buku IPATerpadu hlm 83-106, referensi yang relevan

2.4 Membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran
Unsur, Senyawa, dan Campuran

- Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran
- Mengklasifikasikan materi secara sederhana
- Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
- Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
- Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran )
- Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi


Uji petik kerja prosedur
Tes identifikasi
Apakah garam dapur termasuk senyawa ataukah campuran?
Manakah yang merupakan unsur, senyawa, campuran dari gambar-gambar berikut?
Kelompokkan bahan-bahan berikut menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.
4 × 40’
Buku IPATerpadu hlm 83-106, referensi yang relevan
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Wujud Zat
- Melakukan percobaan perubahan wujud zat
- Mendiskusikan materi gaya tarik antar partikel
- Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan
- Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas
- Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
- Menafsirkan gaya tarik antar partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
- Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
- Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
PG
Uji petik
kerja prosedur
Uraian
Uraian

Pada proses pengelasan logam terjadi peristiwa . . . .
a. pelelehan c. penguapan
b. pembekuan d. penyubliman

Penelitian membekukan air panas lebih cepat daripada air dingin
Mengapa cat besi mudah terkelupas jika digunakan untuk mengecat tembok?
Mengapa minyak tanah dapat merambat naik di sepanjang sumbu kompor?
4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 107-130, Buku Kerja, alat-alat praktikum
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Massa Jenis
- Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat.
- Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
- Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat
- Menghitung massa jenis suatu zat
- Menggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
Uji petik kerja prosedu
Uraian
Uraian
Penelitian mengamati campuran dua buah larutan yang berbeda massa jenisnya.
Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai diameter 7 cm dan tinggi 15 cm. Tabung tersebut memiliki massa 1,56 kg. Terbuat dari apakah tabung tersebut?
Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?
4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 107-130, Buku Kerja, alat-alat praktikum
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari
Pemuaian Zat
- Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas
- Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair
- Menganalisis muai volume berbagai jenis zat cair
- Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
- Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas
- Membandingkan pemuaian zat cair dan zat padat
- Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.
- Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi
Observasi
Diskusi
Tes tertulis
Tes tertulis
Lembar observasi
Uraian
Uraian
Uraian
Amati pemuaian beberapa logam dengan menggunakan alat Musschenbroek.
Ayah Albert sedang mengecat langit-langit ruang makan.
Ketika setetes cat jatuh ke permukaan lampu bohlam yang sudah menyala sejak tadi, bohlam itu pecah. Mengapa demikian?
Mengapa air tumpah ketika panci yang diisi air sampai penuh dipanaskan?
Mengapa sambungan rel kereta api selalu diberi celah saat dipasang?

4 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 131-144, Buku Kerja, alat-alat praktikum

3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kalor
- Melakukan percobaan tentang kalor
- Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
- Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur
- Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu
- Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat
- Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
- Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
- Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
- Menerapkan hubungan Q = m c ∆t, Q = m U, dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana
Observasi
Observasi
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Lembar observasi
Lembar observasi
Isian
Uji petik kerja prosedur dan produk
Uraian
Kegiatan 8.3
Kegiatan 8.13, Kegiatan 8.14,
Kegiatan 8.15
Mengapa pada siang yang lembab kamu merasa lebih nyaman jika terkena hembusan angin?
Kegiatan 8.6 dan Kegiatan 8.10
Ketika diberi kalor 100 J, suhu suatu kepingan logam yang bermassa 5 g naik 50°C. Berapa kenaikan suhu logam itu jika diberi kalor 3 000 J?
6 × 40’
Buku IPA Terpadu hlm 145-186, Buku Kerja, alat-alat praktikum

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
Sifat Fisika
dan Sifat Kimia
- Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
- Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
- Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
- Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes identifikasi
PG
Sebutkan dua sifat fisika dan satu sifat kimia dari gas elpiji, emas, dan air.
Tembaga dimanfaatkan sebagai kabel listrik karena mempunyai sifat fisika . . . .
a. mempunyai titik leleh rendah
b. tidak dapat menghantarkan panas
c. sangat mudah bereaksi dengan zat lain
d. mudah menghantarkan listrik

4 × 40’
Buku IPA Terpadu (Esis)hlm 187-195, Buku Kerja, alat dan bahan praktikum
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
Pemisahan Campuran
- Mencari informasi tentang pemisahan campuran
- Mengamati percobaan tentang penjernihan ai
- Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran
- Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
- Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
- Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi )

Tes tertulis
Penugasan
Observasi
Uraian
Tugas proyek
Lembar observasi
Jelaskan proses pengambilan garam dari air laut.
Buat alat penjernih air sederhana.
Kegiatan 10.3
4 × 40’
Buku IPA Terpadu (Esis)hlm 197-214, Buku Kerja, alat praktikum
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasar-kan hasil percobaan sederhana
Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
- Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia
- Merumuskan kesimpulan hasil percobaan fisika dan kimia
- Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia
- Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Uraian
Tes identifikasi
Perubahan berikut ini tergolong perubahan fisika ataukah perubahan kimia?
Pada bagian manakah dari lilin yang menyala yang merupakan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia?

3 × 40
Buku IPA Terpadu hlm 215-240, Buku Kerja dan alat praktikum
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
Reaksi Kimia
- Melakukan percobaan tentang reaksi kimia
- Mendiskusikan kesimpulan tentang reaksi kimia
- Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas
- Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Lembar observasi
Uraian
Kegiatan 11.1
Saat zat A dan zat dicampur ternyata tidak terjadi perubahan warna dan tidak terbentuk endapan, namun ketika diraba terasa hangat. Apakah terjadi reaksi kimia pada proses itu?

3 × 40’
Buku siswa




Mengetahui
Kepala MTs PPKP Guru Mata Pelajaran





M. Sahlin HB Halimatussaadiyah SPt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar